SAHITIO FERDIANSAH HARTONO / 1355201020 / TI 5
UNITY3D: Cross-Platform Game Engine
Unity 3D adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform. Unity
dapat digunakan untuk membuat sebuah game yang bisa digunakan pada
perangkat komputer, ponsel pintar android, iPhone, PS3, dan bahkan
X-BOX.
Unity adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game,
arsitektur bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games
Online. Untuk games Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web
Player, sama halnya dengan Flash Player pada Browser.
Unity tidak dirancang untuk proses desain atau modelling, dikarenakan
unity bukan tool untuk mendesain. Jika ingin mendesain, pergunakan 3D
editor lain seperti 3dsmax atau Blender. Banyak hal yang bisa dilakukan
dengan unity, ada fitur audio reverb zone, particle effect, dan Sky Box
untuk menambahkan langit.
Fitur scripting yang disediakan, mendukung 3 bahasa pemrograman,
JavaScript, C#, dan Boo. Flexible and EasyMoving, rotating, dan
scaling objects hanya perlu sebaris kode. Begitu juga dengan
Duplicating, removing, dan changing properties. Visual Properties
Variables yang di definisikan dengan scripts ditampilkan pada Editor.
Bisa digeser, di drag and drop, bisa memilih warna dengan color picker.
Berbasis .NET. Artinya penjalanan program dilakukan dengan Open Source
.NET platform, Mono.
Gambar diatas menampilkan lembar kerja dari unity 4 versi pro.
Pada setiap project Unity terdapat sebuah Assets folder. Isi dari Assets
folder ditampilkan dalam bentuk panel project dalam editor unity.
Assets folder adalah tempat untuk menyimpan semua komponen dari game
seperti tingkatan game (level scenes), scripts, 3D models, teksture, dan
file audio.
Untuk menambahkan assets ke dalam project, cukup dengan menarik (drag)
file yang ingin ditambahkan ke dalam panel project. Atau dengan memilih
menu Assets->Import New Asset. Untuk membuat scene baru, gunakan
tombol Control-N (pada keyboard). Untuk menyimpan scene yang sedang
aktif, gunakan Control-S (pada keyboard).
Panel Hierarchy menampung semua GameObject yang terdapat di Scene yang
sedang aktif. Beberapa dari GameObject tersebut berhubungan langsung ke
asset seperti objek 3D. Objek yang terdapat pada hierarchy dapat di
seleksi dan dihapus. Jika objek dihapus atau ditambahkan pada scene,
maka objek tersebut juga akan hilang atau muncul pada hierarchy.
Unity menggunakan sebuah konsep yang disebut Parenting. Ini digunakan
untuk membuat sebuah GameObject menjadi anak dari GameObject yang lain.
Tarik sebuah gameobject dan pindahkan tepat di atas tulisan gameObject
yang akan dijadikan parent dalam hierarchy. GameObject yang terdapat
dalam sebuah gameObject lainnya akan mengikuti perpindahan dan
perputaran ketika gameObject parent mengalami perubahan posisi.
Untuk mendapatkan software ini secara gratis, dapat mengunjungi situs resminya di unity3d.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar