Rabu, 06 November 2013

Pengertian Kecepatan Transfer Data (Yunita)

Yunita Ratnasari
1155201040

Pengertian Kecepatan Transfer Data

Pengertian
Kecepatan transfer data dalam dunia komputer dan telekomunikasi adalah jumlah data dalam bit yang melewati suatu medium dalam satu detik umumnya di tuliskan dalam bit perdetik (bit pers second) dan di simbolkan bit/s atau bps
Data tranfer adalah jumlah data yang dikeluarkan oleh server untuk websit dan di ukur dalam satuan byte ,kilobyte,megabyte,gigabyte.
Contoh, jika website Anda memiliki sebuah file HTML berukuran 50KB dan dalam satu hari terdapat 100 pageview untuk halaman HTML tersebut, berarti total data yang dikeluarkan oleh server adalah 50000KB atau 50MB.

Contoh gambar kneksi internet dan kecepatannya


Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. Terdapat dua macam kecepatan akses internet, yaitu:
Downstream merupakan kecepatan pada saat kita mengambil data – data dari server internet ke komputer kita. Misalnya,saat kita masuk ke search engine, browsing, dan lain – lain.
Adapun upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server.

Akses internet dapat dibagi menjadi 2 macam, yaitu:
 Akses dial up menggunakan modem (modulator demodulator) dan saluran telepon. Setiap kali pengguna akan mulai mengakses internet, pengguna akan mennghubungi nomor ISP untuk menghubungkannya dengan internet
Akses dedicated memberikan layanan tanpa henti sehinga biayanya tidak tergantung pada lama nya pengguna mengakses internet. Pengguna akan dibebani biaya langganan yang biasanya tetap tiap bulan sesuai tarif
Bandwidth adalah konsep pengukuran yang sangat penting dalam jaringan, tetapi konsep ini memiliki kekurangan atau batasan, tidak peduli bagaimana cara Anda mengirimkan informasi mau pun media apa yang dipakai dalam penghantaran informasi. Hal ini karena adanya hukum fisika mau pun batasan teknologi. Ini akan menyebabkan batasan terhadap panjang media yang dipakai, kecepatan maksimal yang dapat dipakai, mau pun perlakuan khusus terhadap media yang dipakai.
 Saluran – Saluran Akses Internet dan Kecepatan Aksesnya
Ada beberapa cara untuk mengakses Internet, slah satu diantaranya adalah dengan menghubungkan beberapa komputer kita ke jaringan komputer yang telah terhubung dengan internet. Cara lain adalah dengan menggunakan saluran telekomunikasi yang kita miliki. Dalam hal ini kita terlebih dahulu menyiapkan perangkat kerasa dan perangkat lunak yang dibutuhkan dan menghubungi penyedia layanan internet (ISP) untuk berlanggan.
Saluran yang bisa digunakan untuk memperoleh akses internet adalah sebagai berikut :
Saluran Telepon
Untuk mengakses internet, diperlukan modem. Modem digunakan untuk
mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.
ISDN (Integrated Service Digital Network)
                
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar